9 Kejadian Bersejarah Terpenting Di Bulan Ramadhan

Dari sekian banyak kejadian terpenting dan bersejarah dalam bulan ramadhan adalah turunnya al-Quran untuk pertama kalinya pada tangga...


Dari sekian banyak kejadian terpenting dan bersejarah dalam bulan ramadhan adalah turunnya al-Quran untuk pertama kalinya pada tanggal 17 Ramadhan menurut pendapat yang masyhur. Selanjutnya terdapat beberapa kejadian bersejarah yang menunjukkan kekuatan Islam, dan menunjukan bahwa puasa adalah kekuatan, jihad dan amal, bukan kelemahan, ketakutan dan pengangguran. Puasa adalah jihad memerangi keinginan hawa nafsu yang selalu memerintahkan perbuatan buruk. 

Berikut ini adalah sembilan kejadian bersejarah yang berlangsung dalam bulan Ramadhan, yang dapat dijadikan dalil bahwa pertolongan Allah bergantung pada kesucian, kebersihan dan kebeningan hati, serta terbebas dari kungkungan materi, dimana semua itu diupayakan di bulan Ramadhan.

1. Perang Badar Kubro
Perang ini adalah yaumul furqan (hari yang memisahkan). Dalam perang ini Allah SAW memisahkan antara yang haq dan yang batil, memberikan kekuatan kepada Islam, menegakkan tauhid, dan menghacurkan kemusyrikan dan paganisme. Perang ini terjadi pada hari Jumat tanggal 27 Ramadhan tahun ke-2 Hijriyah, sebagaimana riwayat ibnu Abbas, ketika mentafsirkan firman Allah SWT:

ولقد نصركم الله ببدر وأنتم أذلة، فاتقوا الله لعلكم تشكرون

"Dan sungguh Allah telah memberikan pertolongan untuk kalian dalam perang Badar, di saat kalian terhina. Maka bertaqwalah kepada Allah, supaya kalian bersyukur". (QS. Ali Imran: 123)

Dalam perang ini terbunuhlah beberapa pembesar Kuffar Quraisy yang menjadi musuh besar umat Islam pada saat itu, diantaranya adalah Firaun umat ini, Abu Jahal.

2. Pembebasan Mekah
Fathu Makkah adalah anugerah Allah yang besar bagi umat Islam sebagaimana firman Allah pada awal surat al-Fath. Pembebasan Mekah terjadi pada hari Jumat, 20 Ramadhan tahun ke-8 setelah hijrah. Dengan dibebaskannya Mekah, pemusnahan paganisme menjadi sempurna, melalui penghancuran berhala-berhala di sekitar Ka'bah

3. Perang Tabuk
Perang ini terjadi pada bulan Ramadhan tahun ke-9 hijriah, kontak senjata untuk pertama kalinya, antara kaum muslimin dan umat Nasrani dibawah kontrol kerajaan Romawi Timur, yang menjadi negara adidaya dan mempunyai wilayah penjajahan yang begitu luas. Pada perjalanan selanjutnya, Bangsa Romawi Timur harus mengakui kekuatan Islam dan harus runtuh dengan direbutnya Konstantinopel oleh Sultan Muhammad Al-Fatih.

4. Tersebarnya Islam di Yaman
Yaman adalah Negara yang kaya dengan ulama da'i dan wali. Penyebaran Islam ke setiap penjuru dunia, termasuk Indonesia adalah berkat jasa para ulama dari Negara ini. Pada bulan Ramadhan, 14 abad yang lalu, Rasulullah SAW, mengutus Ali bin Abi Thalib untuk menyebarkan Islam di sana.

5. Penghancuran Kuil Uzza
Uzza adalah salah satu dari tiga nama berhala besar kaum Quraisy yang terletak di Nakhlah. Kuil Uzza dihancurkan Khalid bin Walid pada tanggal, 25 Ramadhan, tahun ke-8 hijriah. Setelah dihancurkan Khalid berkata kepada Rasulullah: "Dialah Uzza. Dan ia tidak akan disembah (lagi) selamanya".

6. Datangnya utusan bani Tsaqif dari Thaif kepada Rasulullah, untuk masuk Islam
Kota Taif pernah mencatat sejarah ketika penduduknya mengusir Nabi Muhammad saw saat berdakwah di sana. Setelah beliau dan umat Islam berhasil membebaskan Makkah, kaum Bani Thaqif bersikeras tidak mau tunduk kepada Nabi Muhammad. Nabi muhammad dan tentara Islam lalu maju ke Taif dan mengepungnya dalam waktu lama. Akhirnya kaum Bani Thaqif datang ke Makkah di bulan Ramadan tahun ke-9 H dengan menyerahkan kota Taif sebagai tanda menyerah.

7. Terjadinya Perang Zallaqah
Perang yang juga terkenal dengan Pertempuran Sagrajas, ini terjadi pada pagi hari Jumat 25 Ramadhan 479 H (23 Oktober 1086). Perang antara tentara Islam Dinasti Al-Murabithun dibawah pimpinan Yusuf bin Tasyfin dan tentara Kristen yang dipimpin oleh Raja Alfonso VI dari Kastilia. Tentara Islam yang berjumlah 30.000 prajurit berhasil menewaskan 59.500 orang dari 80.000 prajurit dan ksataria Kastilia.

Pertempuran ini adalah pertempuran yang menjadi awal dari kehancuran pasukan Tartar Mongol pimpinan Hulagu Khan, yang telah menghancurkan Negara-negara Islam mulai dari daerah timur hingga barat. Pertempuran ini terjadi pada tanggal 10 Ramadhan 658 H (3 September 1260 M). Pihak Islam dipimpin oleh Sultan Quthuz, raja Mamalik di Mesir. 

9. Penaklulan Andalus
Penaklulan Andalus (Spanyol, Portugal, Andorra, Giblatar dan sekitarnya) terjadi pada tanggal 28 Ramadhan 92 H (19 Juli 711 M) dibawah pimpinan Thariq bin Ziyad, seorang jenderal dari dinasti Umayyah, setelah menghancurkan pasukan kerajaan Visigoth dibawah pimpinan Raja Roderick dalam perang Hamasah yang juga terkenal dengan perang Bahirah. Sebelumnya, tepatnya pada tanggal 29 April 711, pasukan Thariq mendarat di Gibraltar (nama Gibraltar berasal dari bahasa Arab, Jabal Thariq yang artinya Gunung Thariq). Setelah pendaratan, ia memerintahkan untuk membakar semua kapal dan berbicara di depan anak buahnya untuk membangkitkan semangat mereka:

أيّها الناس، أين المفر؟ البحر من ورائكم، والعدوّ أمامكم، وليس لكم والله إلا الصدق والصبر...

"Tidak ada jalan untuk melarikan diri! Laut di belakang kalian, dan musuh di depan kalian: Demi Allah, tidak ada yang dapat kalian sekarang lakukan kecuali bersungguh-sungguh penuh keikhlasan dan kesabaran".


Related

Slider 8947055120619472952

Posting Komentar

Follow Us

Facebook

Terbaru

Arsip

Langganan Via Email

Statistik Blog

item