Orang yang Nadzar Qurban Bolehkah Memakan Sebagian Dagingnya?

Pertanyaan:  Di desaku ada seorang yang bernadzar qurban. Setelah disembelih seorang tokoh mengatakan bahwa orang yang bernadzar qurb...


Pertanyaan: 
Di desaku ada seorang yang bernadzar qurban. Setelah disembelih seorang tokoh mengatakan bahwa orang yang bernadzar qurban sak anak putune tidak haram memakan dagingnya, walaupun sebagian kecil. Benarkah pernyataan diatas?.

Abdul Kholiq, Muneng – Mayangan – Gumukmas – Jember

Jawaban:
Pernyataan tokoh tersebut benar. Tetapi yang dimaksud anak putune di sini adalah orang-orang yang wajib ia nafkahi. Jadi, jika orang yang bernadzar qurban mempunyai anak yang sudah baligh dan mampu untuk mencukupi kebutuhannya sehari-hari, maka si anak tadi boleh mendapatkan dan memakan sebagian daging qurban nadzar tersebut, karena ia bukan lagi orang yang wajib dinafkahi oleh yang bernadzar qurban.

Hukum ini bukan hanya berlaku pada qurban nadzar saja, tetapi juga berlaku pada semua qurban yang wajib, seperti seseorang membeli kambing lalu ia menyatakan : "Ini adalah qurbanku". Maka, ucapan tersebut menjadikan qurbannya menjadi wajib. Inilah yang dinamakan udhiyah mu'ayyanah

Referensi:
تحفة الحبيب شرح الخطيب للشيخ البجيرمي ج: 4 ص: 330
قوله : ( ولا تجب إلا بالنذر ) أي أو ما ألحق به كأن يشتري شاة ويقول هذه أضحية فإنها تجب بمجرد هذا اللفظ ويحرم عليه وعلى من تلزمه نفقته أن يتعاطى شيئا منها م ر . وحينئذ فما يقع في ألسنة العوام كثيرا من شرائهم ما يريدون التضحية به من أوائل السنة , وكل من سألهم عنها يقولون له تلك أضحية مع جهلهم بما يترتب على ذلك من الأحكام تصير به أضحية واجبة يمتنع عليه أكله منها .

الفقه المنهجي على المذهب الشافعي ج 1 ص 225
إن كانت الأَضحية واجبة: بأن كانت منذورة أو معينة على ما أوضحنا لم يجز للمضحي ولا لأحد من أهله الذين تجب عليه نفقتهم، الأكل منها، فإن أكل أحدهم منها شيئاً غرم بدله أو قيمته.

Related

Bahtsul Masail 9213903362881540291

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow Us

Facebook

TERBARU

Arsip

Statistik Blog

item