Diantara Mukjizat Rasulullah SAW

Banyak riwayat-riwayat yang menjelaskan budi pekerti, perbuatan, kelembutan dan kebijakan Rasulullah terhadap makhluk, serta bagaimana be...

Banyak riwayat-riwayat yang menjelaskan budi pekerti, perbuatan, kelembutan dan kebijakan Rasulullah terhadap makhluk, serta bagaimana beliau menunjukkan mereka ke jalan hidayah. Banyak pula hadits-hadits yang menceritakan bagaimana beliau menundukkan manusia, berikut keindahan usaha beliau dalam mengatur kesejahteraan makhluk. Banyak pula kisah-kisah tentang bagaimana beliau dalam menjelaskan syariah dimana para ilmuwan tidak mampu menguraikan kerumitannya selama hidup mereka.

Ketika seseorang tahu tentang semua itu, maka tidak akan ada sebuah keraguan dan kebimbangan dalam dadanya, bahwa semua itu tidak didapat hanya dengan usaha manusiawi, tetapi semua itu tidak akan ada dalam diri Rasulullah kecuali ada kekuatan ilahiyah di bawahnya.

Rasulullah mempunyai pangkat yang tinggi di sisi Allah, padahal beliau adalah seorang yang buta huruf, tidak pernah belajar, tidak pernah membaca buku, dan selalu berada di tengah-tengah kaum jahiliyah. Inilah sifat kenabian yang jelas, dan semuanya tidak akan pernah terjadi dalam diri beliau, tanpa lantaran wahyu dari Allah SWT.

Sungguh ayat-ayat dan mukjizat beliau tampak jelas dan tidak perlu diragukan. Dan berikut adalah sebagian ayat-ayat dan mukjizat itu sebatas keterangan hadits dan kandungan kitab-kitab yang shahih.

1. Terbelahnya Bulan

 Mukjizat ini terjadi ketika beliau diminta oleh kuffar Mekah. Bulan pun terbelah dua, satu di atas gunung dan yang lain di tempat lain. Kejadian ini dilihat semua warga Mekah, lalu didukumentasikan oleh Allah dalam surat Al-Qamar.

Terbelahnya bulan oleh Rasulullah SAW. bukan sesuatu yang mustahil, sebab bulan adalah makhluk, dan Allah maha kuasa atas segala sesuatu.

2. Mampu Memberi Makan Orang Banyak
Ini adalah barokah beliau. Dengan sedikit makanan, yang dalam satu diriwayat hanya 2 mud gandum, beliau mampu memberi makan orang banyak. Mukjizat ini tidak tidak terjadi satu atau dua kali. Salah satunya adalah beberapa piring makanan terbuat dari gandum yang dibawa oleh Anas bin Malik. Dengan sedikit makanan itu 70 orang bisa mencicipinya sampai kenyang. Rasulullah SAW juga kebagian begitu pula keluarga beliau.

3. Keluarnya air dari Jari jemari Rasulullah.
Mukjizat ini juga sering terjadi, diantaranya ketika perang Hudaibiyah, dimana para sahabat saat itu sedang kehausan dan persedian air telah habis kecuali seteko air milik Rasulullah, dan itupun beliau buat untuk wudlu'. Lalu Rasulullah meletakkan tangannya di atas teko itu, dan dari jari-jemarinya keluar air bagaikan mata air. Semua sahabat minum dan berwudlu', padahal jumlah mereka 15 ribu orang

4. Kerinduan Pohon Kurma
Dalam hadits riwayat Al-Bukhari dan Muslim dari belasan pembesar-pembesar sahabat diceritakan bahwa, biasanya saat khutbah, beliau bersandar pada sebuah pohon kurma. Setelah Rasulullah membuat mimbar, pohon kurma itu rindu pada beliau, dan menangis hingga terdengar para sahabat. Hal itu terus terjadi, hingga Rasulullah menenangkannya, seperti ibu menenangkan anaknya.

5. Semua benda Mengucapkan Salam Padanya
Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib Karramallahu wajhah, dia berkata bahwa ketika ia dan para sahabat bersama nabi berada di Mekah dan keluar menuju daerah-daerah sekitarnya, batu, kerikil, gunung, pepohonan dan semuanya menghadap Rasulullah dan mengucapkan: "Salam sejahtera atas engkau wahai Rasulullah!".

6. Pohonpun Merespon Panggilan Rasulullah
Abdullah bin Umar menceritakan bahwa Rasulullah dalam sebagian perjalanannya mengajak seorang badui kepada Islam. Ia berkata: "Siapa yang menjadi saksi atas apa yang kau ucapkan?". Rasulullah menjawab: "Pohon ini!". Lalu Rasulullah SAW memanggil pohon itu. Pohon itupun menghadap beliau dan berkata: "Saya bersaksi tiada Tuhan selain Allah dan Sesungguhnya engkau adalah utusan Allah" sebanyak tiga kali, lalu kembali ke tempatnya semula.

7. Informasi Rasulullah Tentang Masa Depan
Mukjizat ini diantaranya adalah informasi kekalahan kerajaan Romawi timur dari Kerajaan Persia, seperti yang diceritakan Al-Qur'an Surat Ar-Rum: 1. Contoh yang lain ialah berita tentang penaklukan Mekah, informasi khilafah setelah Rasulullah (khulafaur Rasyidin) selama 30 tahun, dan infomasi kematian Ammar Bin Yasir yang terbunuh dalam perang Shifin.

Masih banyak mukjizat-mukjizat beliau, yang tidak mungkin untuk dipaparkan di sini. Semua apa yang dipaparkan di atas dan juga yang lain tersebut dalam kitab-kitab hadits, dan yang paling besar adalah al-Quran karim.

Sumber: Tanwirul Qulub, Ihya' Ulumiddin

Related

Sirah Nabawiyah 6019442370579593609

Posting Komentar

Follow Us

Facebook

TERBARU

Arsip

Statistik Blog

item