Pesepak Bola yang Memeluk Islam

Islam semakin akrab dengan sebagian pemain sepak bola top dunia. Pemain-pemain ini memeluk Islam sejak lahir atau mendapat hidayah...

Islam semakin akrab dengan sebagian pemain sepak bola top dunia. Pemain-pemain ini memeluk Islam sejak lahir atau mendapat hidayah, misal melalui ikatan pernikahan atau contoh kebaikan hidup dari ulama. Berikut adalah daftar pemain-pemain bola yang masuk Islam

1. Robin van Persie
Robin van Persie (lahir di Rotterdam, Belanda, 6 Agustus 1983; umur 28 tahun) adalah penyerang tim nasional sepak bola Belanda yang merumput di Arsenal. Ia adalah striker timnas Belanda yang memperkuat negara tersebut di Piala Dunia 2006, Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010, dan Piala Eropa 2012.
Robin van Persie menjadi mualaf, demi untuk kekasih yang kini menjadi istrinya, Bouchra Elbali, muslimah keturunan Maroko-Belanda.
Saat ini Van Persie telah memiliki dua anak, satu putra bernama Shaqueel dan serang putri bernama Dina Layla. Keluarga kecil ini saat ini tinggal di Hampstead, London Utara.
2. Sulley Muntari
Suleyman "Sulley" Ali Muntari lahir pada 27 Agustus 1984 di Konongo, adalah anggota Timnas  Ghana yang kini bermain sebagai gelandang sentral untuk Serie A AC Milan, setelah bermain di Udinese, Portsmount, Inter Milan dan Sunderland. Selama di Inter Milan, ia telah memenangkan Liga Champions, pada 2009-10, dan juga gelar Serie A pada 2008-09 dan 2009-10.
Sulley Muntari merupakan muslim yang taat,dia tetap menjalankan puasa saat kompetisi seria-A berlangsung. Ada yang beda dalam selebrasi setelah dia mencetak gol ke gawang, Sulley Muntari segera sujud sebagai wujud rasa syukur; hal ini membuat banyak muslim Italia memujinya.
3. Samir Handanovic
Samir Handanovic lahir pada 14 Juli 1984, berasal dari Slovenia yang bermain sebagai kiper bagi klub Italia Inter Milan dan tim nasional Slovenia. Dia terkenal dengan kemampuannya untuk menyimpan denda. Selama 2010-11 Serie A musim, ia telah menyelamatkan total enam tembakan penalti, mengikat rekor sepanjang waktu liga ditetapkan di musim 1948-49 dan, pada Mei 2011, lima singkat liga sepanjang masa catatan.
4. Frederic Kanoute.
Dari sekian banyak pemain muslim yang merumput di pentas La Liga (Spanyol), salah satunya adalah striker Mali, Frederic Kanoute. Tidak hanya memeluk agama Islam, namun Kanoute penganut Islam yang taat.Nama lengkapnya Frederic Oumar Kanoute, lahir di Sainte Foy le Lyon, Rhone, 2 September 1977. Meski lahir di Prancis, namun Kanoute membela timnas Mali di level internasional. Bermain di Sevilla, Kanoute menjadi andalan pelatih Manolo Jimenez bersama striker Brasil Luis Fabiano, bahkan Kanoute pernah meraih gelar Pemain Terbaik Afrika 2007, dan menjadi pemain pertama yang lahir di luar negeri yang pernah meraih gelar ini.
Tahun 2007, Kanoute membayar 700.000 dolar US untuk membeli masjid di Sevilla. Awalnya, komunitas Islam di Spanyol menyewa tempat itu untuk menjalankan sholat, merasa prihatin. Kanoute pun membelinya untuk disumbang kepada umat Islam di Spanyol.
5. Eric Abidal
Abidal adalah salah satu pesepak bola dunia yang beragama Islam. Sejatinya, dia adalah seorang mualaf. Sang bintang memeluk agama Islam baru enam tahun terakhir. Terlahir di Lyon, Prancis, pada 11 September 1979, Abidal berasal dari keluarga imigran asal Afrika. Sebelumnya, Abidal merupakan seorang pemeluk agama Katolik.
Pertemuan dengan wanita yang kini menjadi istrinya telah mengantarkannya pada agama Allah SWT. Setelah menikah dengan Hayet Abidal, seorang perempuan asal Aljazair, Abidal memeluk agama Islam. Setelah mengucap dua kalimah syahadat, ia berganti nama menjadi Eric Bilal Abidal.
6. Yaya Toure
Yaya Toure, pencetak dua gol Manchester City ke gawang Newcastle United, menolak menerima sebotol besar champagne saat pesta kemenangan di ruang ganti. "Maaf! Saya tidak minum alkohol. Saya Muslim," ujar Yaya Toure seraya menyerahkan botol besar champagne ke Joleon Lescott, rekannya.
Nama lengkapnya adalah Gnégnéri Yaya Touré (lahir di Sekoura Bouaké, Pantai Gading, 13 Mei 1983; umur 29 tahun) adalah pemain sepak bola profesional berkebangsaan Pantai Gading yang bermain sebagai gelandang untuk Manchester City di Liga Primer Inggris dan tim nasional Pantai Gading. Yaya Touré adalah adik kandung dari Kolo Toure, yang juga bermain di Manchester City dan Ibrahim Touré yang bermain di Misr Lel Makasa.
7. Nuri Sahin
Membela Real Madrid bagi Nuri Sahin merupakan sebuah kebanggaan. Karena itu ia dengan cepat menyesuaikan diri dengan seluruh pemain Los Blancos. Sahin bergabung dengan Madrid sebelum musim kompetisi La Liga Spanyol 2011/2012 dimulai. Dia bergabung bersama Madrid setelah ditrasnfer dari Borussia Dortmund dengan biaya 10 juta euro atau sekitar Rp 123 miliar. Nuri Kazim Şahin, lahir pada 5 September 1988.
Dalam karir internasional, Şahin memenangkan bronze ball di tahun 2005 U-17 Piala Dunia di Peru setelah sebuah turnamen yang sukses dengan Turki, finishing di tempat keempat. Şahin adalah pemain termuda yang telah dimainkan dan mencetak gol untuk Turki. Terutama, ia mencetak selama debutnya yang merupakan pertandingan melawan Jerman, negara kelahirannya.
8. Karim Mustofa Benzema
Karim Benzema (lahir di Lyon, Perancis, 19 Desember 1987; umur 24 tahun) merupakan seorang pemain sepak bola berkebangsaan Perancis keturunan Aljazair yang kini membela klub Real Madrid.
Benzema pernah bermain di klub Lyon sebelum dia pindah ke Real Madrid pada 2009.Di timnas Perancis, dia bermain 32 kali dan mencetak 11 gol.
9. Franck Ribery
Ia dikenal sebagai pribadi yang santun, rendah hati, dan rajin melaksanakan shalat lima waktu, di mana pun dan pada kondisi apa pun. Bagi penggemar sepak bola dunia, tentu sudah tak asing dengan nama Franck Ribery, gelandang serang asal Prancis yang kini bermain di klub raksasa Bundesliga (Jerman), Bayern Muenchen.
Berbeda dengan pesepak bola Muslim lainnya, yang lebih dulu memeluk Islam, Franck Ribery justru memeluk Islam setelah bermain di klub asal Turki, Galatasaray, pada 2005. Secara singkat, Ribery mengatakan, dia memilih ajaran yang dibawa Nabi Muhammad SAW ini karena menemukan kedamaian dalam Islam.
Franck Ribéry (lahir di Boulogne-sur-Mer, 7 April 1983; umur 29 tahun) adalah seorang pemain sepak bola Perancis yang bermain untuk Bayern Muenchen pada posisi gelandang serang atau sayap kiri dan kanan, dan baru-baru ini dinobatkan oleh beberapa media Perancis sebagai penerus dari pemain legenda Zinedine Zidane, karena penampilannya yang terus membaik.
10. Mesut Özil
Mesut Özil (alternatif penulisan Mesut Oezil, lahir 15 Oktober 1988; umur 23 tahun) merupakan seorang pemain sepak bola berkebangsaan Jerman keturunan Turki. Ia bermain di klub Real Madrid sejak Agustus 2010. Posisi utama dalam kesebelasan adalah sebagai gelandang serang. Di Spanyol ia mendapatkan julukan El Búho (Si Burung Hantu) karena kemampuan operannya yang teliti meliputi sudut yang luas.
11. Edin Dzeko
Edin Dzeko, pemain muslim Bosnia muda yang menjadi bintang di tim nasional Bosnia dan Klub Manchester City. Edin Dzeko yang diprediksi banyak orang akan mirip dengan Andriy Shevchenko, prestasi karirnya menanjak terlebih dengan masuknya dia ke klub kaya Manchester City.
Edin Dzeko, yang merupakan muslim bosnia asli, mengalami masa sulit ketika berumur 6 tahun. Saat itu dia tumbuh ketika perang di Bosnia berkecamuk. Dzeko harus berpindah tempat tinggal setelah rumahnya hancur dibom pasukan Serbia.
Dzeko yang kahir ada tahun 1986, sudah aktif bersepakbola ketika remaja, dimulai dengan bermain sebagai pemain tengah, dan kemudian menjadi striker. Dia terpilih di pasukan bawah 19 tahun Bosnia, kemudian bawah 21 tahun. Dzeko kemudian terpilih menjadi anggota timnas Bosnia dan memperoleh dua kali gelar pemain terbaik di negaranya yaitu pada tahun 2009 dan 2010.
12. Samir Nasri
Samir Nasri (lahir di Marseille, Perancis, 26 Juni 1987; umur 25 tahun) merupakan seorang pemain sepak bola Perancis keturunan Aljazair yang berposisi sebagai gelandang serang. Saat ini ia bermain untuk Manchester City di Inggris dan untuk tim nasional Perancis.
Samir Nasri pernah bermain untuk Marseille dan Arsenal, sebelum saat ini membela Manchester City. Samir bermain 121 kali dan mencetak 11 gol untuk Marseille sepanjang tahun 2004 hingga 2008.
buat Nasri agama lebih penting dari sepak bola. Salat lima waktu tidak pernah dia tinggalkan. Gelandang serang ini selalu menadahkan kedua telapak tangan seraya membaca Surat Al-Fatihah sambil menundukkan kepala sebelum peluit ditiup sebagai tanda pertandingan dimulai. Dia tidak malu memperlihatkan identitasnya sebagai muslim.
13. Nicolas Anelka
Bagi Anelka, Islam merupakan sumber kekuatan dan petunjuk dalam hidupnya.
Bagi penggemar sepak bola dunia, terutama pendukung klub Inggris, Chelsea Football Club, tentu tak asing dengan nama Nicolas Anelka. Anelka adalah salah satu striker paling berbahaya apabila berada di depan mulut gawang lawan.
Anelka dikenal sebagai  striker yang sangat produktif dalam menciptakan peluang dan menjebloskan si kulit bundar ke gawang lawan. Pada Liga Primer Inggris (England Primiership League /EPL) 2008-2009 lalu, Nicolas Anelka menjadi pencetak gol terbanyak (top score) dengan 22 gol. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan kompatriotnya, Didier Drogba, penyerang Chelsea asal Pantai Gading.

Dari berbagai Sumber

Related

Khazanah 8472596945231258447

Follow Us

Facebook

TERBARU

Arsip

Statistik Blog

item