Najiskah Sayap-sayap Laron?


Laron adalah hewan yang termasuk ke dalam salah satu jenis serangga yang keluar pada awal musim hujan. Hewan ini adalah rayap yang bersayap, keluar pada saat senja menjelang malam hari. Kebiasaannya adalah mengerumuni lampu atau tempat-tempat yang terang.

Dalam kitab Hayatul Hayawan, mengutip pernyataan Al-Qazwaini dalam kitab Al-Asykal bahwa ketika musim semi tiba, rayap memiliki sayap panjang yang digunakan untuk terbang. Inilah yang disebut laron.

Diantara keunikan laron ialah ia hanya akan hidup dalam satu malam. Jika dia tidak menemukan pasangannya malam itu, maka dia akan mati saat fajar tiba. Sedangkan, laron menemukan pasangan maka dia akan mencari sarang baru dan membentuk koloni baru. Saat beterbangan itulah saat saat laron mencari pasangannya. Ketika sudah mendapatkan pasangan, mereka akan melepaskan sayap dan berjalan beriringan mencari lubang di bawah tanah untuk kawin dan bertelur.

Laron adalah jenis hewan yang haram dikonsumsi, karena termasuk bagian dari hasyarat yang dianggap menjijikkan, serupa dengan semut, ulat, cacing dan hewan-hewan merayap lainnya.

Laron-laron yang keluar memenuhi ruangan, terkadang tanpa sengaja terinjak dan mati. Sayap-sayapnya pun berhamburan jatuh berserakan dilantai. Entah lantai rumah atau lantai musholla dan masjid.

Laron yang masih hidup adalah suci, meskipun haram dimakan. Jika sudah menjadi bangkai, hukumnya adalah najis yang tidak dimaafkan, begitu pula sayapnya, baik terlepas sesudah mati atau ketika masih hidup.

Para fuqaha berpandangan bahwa bangkai dan semua bagiannya, termasuk bulunya adalah najis, dengan mengecuali bangkai manusia, ikan dan belalang. Sedangkan bagian yang terlepas dari hewan yang masih hidup, hukumnya juga najis yang tidak ma’fu ‘anhu, sama seperti bangkainya, dengan mengecualikan bulu hewan yang halal dimakan dagingnya, seperti ayam, kambing, domba, dan sejenisnya.

Sebagian ulama berpendapat bahwa najis bangkai-bangkai semacam kutu, nyamuk, tinggi, dan termasuk laron serta seluruh bagian-bagiannya adalah ma’fu anhu (dimaafkan), jika tidak diketahui, atau dalam kondisi sulit untuk menghindarinya (‘usrul ihtiraz) atau, semisal karena terlalu banyak (ummul balwa).

Khusus bulu bangkai, menurut sebagian ulama ia tidak najis, karena bulu tidak terkoneksi dengan kehidupan, dengan alasan bahwa ketika bulu dipotong, maka si pemilik bulu tidak merasakannya. Dengan alasan ini, kuku, rambut, dan sayap juga masuk di dalamnya. Dengan pendapat ini, maka bulu laron bukan perkara yang najis.

Dalam kasus yang lain, bangkai-bangkai semacam laron dari hewan-hewan yang tidak mempunyai darah mengalir, jika terjatuh dengan sendirinya ke dalam air yang kurang dua qullah (216 ltr) selama tidak merubah sifat-sifat air, maka hukumnya adalah ma’fu ‘anhu. Dalam arti, air yang kurang dua qullah itu tidak menjadi mutanajis meski kejatuhan bangkai.


Ibarat:

الأرضة: بفتح الهمزة والراء والضاد المعجمة دويبة صغيرة كنصف العدسة، تأكل الخشب، وهي التي يقال لها السرفة، بالسين والراء المهملة والفاء. وهي دابة الأرض التي ذكرها الله تعالى في كتابه، وستأتي إن شاء الله تعالى في باب السين المهملة. ولما كان فعلها في الأرض أضيفت إليها. قال القزويني في الأشكال: إذا أتى على الأرضة سنة، تنبت لها جناحان طويلان، تطير بهما إلى أن قال- الحكم: يحرم أكلها لاستقذارها (حياة الحيوان الكبرى: 1/35-36)

(وميتة غير بشر وسمك وجراد) ولو نحو ذباب كدود خل مع شعرها وصوفها ووبرها وريشها وعظمها وظلفها وظفرها وحافرها وسائر أجزائها ومن ذلك ثوب الثعبان بخلاف نسج العنكبوت فإنه من اللعاب (نهاية الزين: 41)
و اما نفس قشرة البرغوث او القملة او البقة او نحوها فنجسة غير معفو عنها، فلو صلى بشئ من ذلك و ان لم يعلم به فصلاته باطلة، و بعضهم قال بالعفو ان لم يعلم به و كان ممن ابتلى بذلك     (نهاية الزين: ٤٢)

فرع في أجزاء الحيوان الأصل أن ما انفصل من حي فهو نجس الشعر المجزوز من مأكول اللحم في الحياة والصوف والوبر والريش فكلها طاهرة بالاجماع  والمتناثر والمنتوف طاهر على الصحيح ويستثنى أيضا شعر الآدمي والعضو المبان منه ومن السمك والجراد ومشيمة الآدمي فهذه كلها طاهرة على المذهب وهذا الذي ذكرناه في الشعور تفريع على المذهب في نجاسة الشعر بالموت (روضة الطالبين: 1/15)

المعفوات من النجاسة فى الماء يعفى فى الماء و المائع عن النجاسة التى لا يدركها الطرف ( البصر المعتدل) و الميتة لا دم لها سائل و هى التى اذا شق منها عضو لم يسل دمها كالذباب بشرطين: (1) ان لا يكون بفعله (2) و ان لا تغير ما وقعت فيه .  (التقريرات السديدة: ٦٣)

شعر الحيوانات غير الماكولة بعد الانفصال نجس ، و يعفى عن قليل شعر نجس من غير مغلظ و يعفى عن كثيره فى حق القصاص و الراكب لمشقة الاحتراز عنه.  (التقريرات السديدة: ١٢٧)

(وعظم الميتة وشعرها نجس إلا الآدمي) الأصل في ذلك قوله تعالى {حرمت عليكم الميتة} وتحريم ما ليس بحرام ولا ضرر في أكله يدل على نجاسته ولا شك أن العظم والشعر من أجزاء الحيوان نعم في الشعر خلاف في أنه ينجس بالموت أم لا وهو قولان أحدهما لا ينجس لأنه لا تحله الحياة فلا روح فيه فلا ينجس بالموت بدليل أنه إذا قطع لا يحس ولا يألم وأظهرهما أنه ينجس وهو الذي جزم به الشيخ لأنه إن حلته الحياة فينجس إلا فينجس تبعا للجملة لأنه من جملتها كما يجب غسله في الطهارة والجنابة (كفاية الأخيار: 19)

والجزء المنفصل من الحي كميتة ذلك الحي إن كان طاهرا فطاهر وإن كان نجسا فنجس لخبر ما قطع من حي فهو كميتته رواه الحاكم وصححه على شرط الشيخين فالمنفصل من الآدمي أو السمك أو الجراد طاهر ومن غيرها نجس ( إلا شعر ) أو صوف أو ريش أو وبر المأكول فطاهر بالإجماع ولو نتف منها أو انتتفت قال الله تعالى { ومن أصوافها وأوبارها وأشعارها أثاثا ومتاعا إلى حين } وهو محمول على ما أخذ بعد التذكية أو في الحياة على ما هو المعهود ولو شككنا فيما ذكر هل انفصل من طاهر أو نجس حكمنا بطهارته لأن الأصل الطهارة. (الإقناع للشربيني: 1/29)


والله أعلم

Related

Fiqh 1891371556332614371

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow Us

Facebook

TERBARU

Arsip

Statistik Blog

item