Mufti Tatarstan Dibunuh Kelompok Wahabi Salafi

Seorang ulama wilayah Tatarstan , Rusia mati ditembak sementara seorang lagi ulama cedera dalam satu ledakan bom mobil di...

Seorang ulama wilayah Tatarstan, Rusia mati ditembak sementara seorang lagi ulama cedera dalam satu ledakan bom mobil di Kazan, wilayah Tatarstan, kata beberapa penyidik ​​kemarin.

Beberapa pemimpin setempat mengatakan, kedua serangan tersebut memiliki kaitan dengan kritik mereka terhadap kelompok radikal Islam.

Komite Investigasi Rusia mengatakan, Wakil Mufti Tatarstan, Valiulla Yakupov ditembak mati ketika ia meninggalkan rumahnya di Kazan kemarin.

Menurut komite itu, Kepala Mufti, Ildus Faizov cedera di kaki setelah bom di mobilnya meledak di pusat kota tersebut.

Kedua-dua ulama tersebut merupakan penentang pengikut paham Salafi atau Wahabi.

Juru bicara Komite Investigasi, Vladimir Markin kepada beberapa kantor berita Rusia bahwa agensinya sedang menyelidiki aktivitas kedua ulama itu sebagai penyebab mereka diserang.

Berusia 49 tahun, Ildus menjadi Kepala Mufti Tatarstan pada tahun 2011 dan memulai operasi memberantas kelompok radikal Islam dengan memecat kader Wahabi dan melarang buku agama dari Arab Saudi.

Ia juga dikritik media di Tatarstan karena mengambil keuntungan dari paket mengerjakan haji anjurannya selain mencoba mengontrol sebuah masjid yang dikategori sebagai antara tertua dan terbesar di Kazan. - AP


Sumber: www.kosmo.com.my

Related

Wahabi Salafi 1599467253784803402

Follow Us

Facebook

Terbaru

Arsip

Langganan Via Email

Statistik Blog

item