7 Keutamaan Sayyidah Fatimah

Sayidah Fatimah Az-Zahra' adalah putri Rasulullah shallallahu 'alaihi wa salam dari rahim Sayidah Khadijah al-Kubra. Ibunda Sayidin...


Sayidah Fatimah Az-Zahra' adalah putri Rasulullah shallallahu 'alaihi wa salam dari rahim Sayidah Khadijah al-Kubra. Ibunda Sayidina Hasan dan Husain ini dianugerahi keutamaan oleh Allah melebihi wanita-wanita lain. Diantara keutamaan yang diberikan Allah kepada beliau adalah sebagai berikut:

Pertama
Sayidah Fatimah dinikahkan dengan Sayidina Ali bin Abi Thalib berdasarkan wahyu. Diriwayatkan dari Sayidina Ali Bin Abi Thalib, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

 أتاني ملك فقال: يا محمد إن الله تعالى يقرأ عليك السلام ويقول لك: إني قد زوجت ابنتك فاطمة من علي بن أبي طالب في الملأ الأعلى فزوجها منه في الأرض

Artinya: Malaikat Jibril datang kepadaku dan berkata: "Ya Muhammad! Sesungguhnya Allah mengucapkan salam kepadamu, dan Dia berfirman kepadamu: 'Sesungguhnya Aku telah menikahkan putrimu, Fatimah dengan Ali bin Abi Thalib dihadapan para malaikat, Maka nikahkanlah Fatimah dengan Ali di bumi!". 

Hadits ini disampaikan oleh Al-Muhib At-Thabari dalam kitab Ad-Dzakha'ir al-'Uqba

Kedua
Sayyidina Ali dilarang menikahi wanita lain, sementara sayidah Fatimah belum diceraikan atau masih hidup. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:

 إن بني هشام بن المغيرة استأذنوني في أن ينكحوا ابنتهم علي بن أبي طالب، فلا آذن، ثم لا آذن، ثم لا آذن، إلا أن يحب علي أن يطلق ابنتي وينكح ابنتهم

"Sesungguhnya Bani Hisyam bin Mughirah meminta izin kepadaku untuk menikahkan anak-anak perempuan mereka dengan Ali bin Abi Thalib. Maka aku tidak memberi izin, kemudian tidak memberi izin dan tidak memberi izin, kecuali Ali menceraikan putriku dan menikahi mereka"

Ketiga
Sayidah Fatimah adalah potongan daging Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Rasulullah bersabda:

إنما فاطمة بضعة مني يريبني ما رابها ويؤذيني ما آذاها

"Sesungguhnya Fatimah adalah potongan dagingku. Apa yang membuatnya gelisah membuatku gelisah pula, dan apa yang membuatnya sakit, juga membuatku sakit".

Keempat
Beliau adalah anggota keluarga Rasulullah yang paling dulu bertemu Rasulullah. 

عن السيدة عائشة أن النبي سارها فسألتها عائشة فقالت: إنه كان حدثني أن جبريل كان يعارضه بالقرآن كل عام مرة وإنه عارضه به في العام مرتين ولا أراني إلا حضر أجلي وإنك أول أهلي لحوقا بي

"Diriwayatkan dari sayidah Aisyah bahwa Rasulullah berbisik kepada Fatimah. Lalu Aisyah bertanya. Kemudia Fatimah menjawab: Rasulullah bercerita kepadaku bahwa malaikat Jibril menyimak al-Quran yang dibacakan Rasulullah setiap tahun sekali. Dan sesungguhnya Malaikat Jibril menyimak bacaan al-Quran dalam satu tahun dua kali. Aku (Rasulullah) tidak dperlihatkan (hal itu), kecuali akan datang ajalku. Dan sesungguhnya kami adalah keluargaku yang paling dulu bertemu denganku". (HR. Muslim)

Kelima
Sayidah Fatimah adalah majikan para wanita dunia. Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dari Aisyah bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

 يَا فَاطِمَةُ أَلاَ تَرْضَيْنَ أَنْ تَكُونِى سَيِّدَةَ نِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ 

"Adakah kamu tidak rela jika engkau menjadi majikan wanita-wanita mukmin".

Keenam
Diharamkannya anak cucu beliau dari api neraka. Al-Hakim meriwayatkan hadits dari Abdullah bin Mas'ud: 

إن فاطمة أحصنت فرجها فحرم الله ذريتها على النار.

"Sesungguhnya Fatimah telah menjaga farjinya. Maka Allah mengharamkan anak-cucunya dari api neraka".

Ketujuh
Beliau adalah sebaik-baik wanita ahli surga. An-Nasa'i meriwayatkan hadits dari Ibnu Abbas:

 أفضل نساء أهل الجنة خديجة بنت خويلد وفاطمة بنت محمد صلى الله عليه و سلم ومريم بنت عمران وآسية بنت مزاحم امرأة فرعون .

Seutama-utama perempuan ahli surga adalah : Khadijah binti Khuwailid, Fatimah binti Muhammad, Maryam binti Imran dan Asiyah binti Mazahim, isteri Firaun. 

Wallahu A'lam


Related

Khazanah 2160460133926725697

Posting Komentar

Follow Us

Facebook

Terbaru

Arsip

Langganan Via Email

Statistik Blog

item