Semoga Kyai Ini Masuk Neraka!

Disebuah desa di daerah Banyuwangi, terdapat seorang Kyai yang cukup disegani dan memiliki lembaga pendidikan dengan jumlah santri yang cuku...

Disebuah desa di daerah Banyuwangi, terdapat seorang Kyai yang cukup disegani dan memiliki lembaga pendidikan dengan jumlah santri yang cukup banyak, sebut saja Kyai Fulan. Kyai Fulan, tampaknya kurang begitu puas dengan ilmu yang diperoleh dari berbagai pondok pesantren yang pernah ia singgahi waktu muda dulu. Dia mempunyai seorang putra yang ia gadang-gadang menjadi penggantinya kelak jika ia sudah menghadap Sang Pencipta. 
Sebagai calon pengganti si Anak -sebut saja Gus Zaid- ia 'titipkan' pada lembaga-lembaga pendidikan agama yang dibilang favorit di negeri ini. Dikatakan favorit, karena lembaga ini dikelola dengan manajemen yang rapi, dan moderen, juga ditangani oleh guru-guru yang 'alim' lulusan universitas-universitas di Arab Saudi, negara tempat Islam dilahirkan.

Saat Gus Zaid masih dalam penyelesaian pendidikannya di lembaga favorit itu, Kyai Fulan wafat. Inna lillahi wa inna ilaihi roji'un. Gus Zaid pun diminta pulang oleh keluarganya.
Seperti lazimnya adat kalangan NU, upacara pemakaman Kyai Fulan dilakukan dengan tradisi-tradisi yang indentik dengan kalangan nahdliyin. Ketika Gus Zaid sampai di rumah dan melihat acara pemakaman yang sedang berlangsung, ia kaget dan menahan amarah, karena semua acara yang dilaksanakan dianggapnya bid'ah. Tapi saat ini ia mampu bersabar.
Saat seorang Kyai tetangga yang juga teman Kyai Fulan, --sebut saja Kyai Umar-- memberikan sambutan atas nama wakil tuan rumah, ketika jenazah akan diberangkatkan, setelah bicara ini dan itu, ia menyampaikan bahwa nanti malam sampai malam ke-7 kematian Kyai Fulan akan diadakan acara tahlilan setelah maghrib. Mendengar hal itu, Gus Zaid yang semenjak kedatangannya sudah memendam amarah dan kebencian, tanpa ba bi bu, ia langsung menyambar mikrofon dari Kyai Umar dan berkata: "Tidak ada tahlil bagi bapakku malam nanti. Tahlil adalah bid'ah dan doa orang yang masih hidup untuk orang yang telah meninggal dunia tidak sampai, wa an laysa lil insani illa ma sa'a. Sekian terima kasih!". Lalu ia berikan lagi mikrofon itu kepada Kyai Umar.
Para pelayat tersentak kaget. Kyai Umar hanya tersenyum dan melanjutkan sambutannya. "Benar saudara-saudaraku sekalian, wa an laysa lil insani illa ma sa'a. Karena Gus Zaid sudah mengatakan demikian, maka nanti malam dan seterusnya tahlil tidak diadakan. Sekarang mari kita berdoa semoga Kyai Fulan di siksa dalam Kubur!. Semoga dosa-dosa tidak terampuni, semoga dia menjadi bahan bakar api neraka dan tidak pernah dimasukkan kedalam Surga!". 
Para pelayat serentak meneriakkan, "Amiiiiin!".
Gus Zaid: "?????". "Kok mendoakan begitu untuk bapakku".
Kyai Umar dengan enteng menjawab: "Kan Allah berfirman, wa an laysa lil insani illa ma sa'a?".
Gus Zaid: Ya sudah nanti malam tahlilan.....!

Sumber: Salah satu isi mauidhoh hasanah dalam rangka Haul XVII KH. Jauhari Zawawi Kencong Jember

Related

Slider 3273853919476904447

Posting Komentar

  1. huahahahhaha Kiay Umar yang hebat. Oleh karena itu way saudara2ku. Janganlah takut kita di katakan Bid'ah. karena Bid'ah itu bukan dari salah satu hukum islam. Hukum islam cuman ada lima saja.

    BalasHapus
  2. Wakkk...kkk..kkk...
    ....
    Wkkk...kkk...kkk...

    BalasHapus

emo-but-icon

Follow Us

Facebook

TERBARU

Arsip

Statistik Blog

item