9 Kekhususan Bulan Ramadlan

Bulan ramadlan mempunyai kekhususan lebih dari bulan-bulan lain berupa beberapa hukum dan keutamaan. 1. Al-Qur'an di Turunkan di Bulan...

Bulan ramadlan mempunyai kekhususan lebih dari bulan-bulan lain berupa beberapa hukum dan keutamaan.

1. Al-Qur'an di Turunkan di Bulan Ramadlan
Al-Quran seluruhnya turun dari lawhul mahfudz ke baitul izzah di langit bumi pada bulan ramadlan di lailatul qadar. Lalu diturunkan ke bumi sesuai dengan kejadian-kejadian yang ada selama 13 tahun. Hal ini diterangkan dalam Al-Qur'an :

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنْ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ

" (beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)". (QS. Al-Baqarah: 185)

إنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ

"Sesungguhnya kami Telah menurunkannya (Al Quran) pada lailatul qodar. Dan tahukah kamu apakah lailatul qodar itu?" (QS. Al-Qadr: 1 – 2)

2. Diwajibkannya berpuasa di Bulan Ramadlan
Puasa Ramadlan adalah salah satu rukun islam seperti yang disabdakan Rasulullah SAW:

بُنِيَ الْإِسْلَامُ عَلَى خَمْسٍ : شَهَادَةُ أَنْ لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ , وَأَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ , وَإِقَامُ الصَّلَاةِ , وَإِيتَاءُ الزَّكَاةِ , وَحَجُّ الْبَيْتِ , وَصَوْمُ رَمَضَانَ

"Islam dibangun atas lima perkara: (1) bersaksi sesungguhnya tidak ada tuhan selain Allah dan sesungguhnya nabi Muhammad utusan Allah, (2) Mendirikan Shalat, (3) Membayar zakat, (4) Haji ke Baitullah dan (5) Puasa Ramadlan".
Allah berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمْ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

"Wahai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kalian berpuasa seperti diwajibkan kepada orang-orang sebelum kalian, supaya kalian bertaqwa". (QS. Al-Baqarah: 183)

3. Bersadaqah di bulan ramadlan lebih diutamakan
Banyak hadits yang menjelaskan hal ini, diantaranya adalah hadits Abdullan bin Abbas, bahwa Nabi SAW adalah orang yang paling dermawan dalam kebaikan. Dan yang paling dermawan yang dilakukan nabi adalah di bulan Ramadlan"

Menurut ibnu Hajar kata dermawan (al-jud) menurut syara' ialah memberikan sesuatu yang layak kepada orang yang layak. Kata ini mempunyai makna lebih umum dari pada shadaqah.

4. Lailatul Qodar terjadi di salah satu malam di bulan Ramadlan
Allah memberikan keutamaan bulan ramadlan dengan lailatul qadar. Banyak hadits yang menjelaskan hal ini diantaranya adalah hadits riwayat Abu Harairah :

أَتَاكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌ مُبَارَكٌ فَرَضَ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ , تُفْتَحُ فِيهِ أَبْوَابُ السَّمَاءِ , وَتُغْلَقُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَحِيمِ , وَتُغَلُّ فِيهِ مَرَدَةُ الشَّيَاطِينِ , لِلَّهِ فِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ

"Telah datang kepada kalian sebuah bulan yang diberkahi, dimana Allah Azza Wa Jalla mewajibkan puasa atas kalian di bulan ini. (Dib bulan ini) pintu-pintu langit terbuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan tangan-tangan syetan dibelenggu. Menurut Allah di dalamnya ada lailatul qadar, malam yang lebih baik dari seribu bulan"

5. Shalat Tarawih
Ulama sepakat bahwa qiyamullail di bulan ramadlan sangat disunatkan. Imam An-Nawawi menjelaskan bahwa yang dimaksud qiyamu layali ramadlan (medirikan malam-malam ramadlan) ialah shalat tarawih.

6. Ketumaan khusus I'tikaf di Bulan Ramadlan
Ulama sepakat tentang hal ini, apa lagi dilakukan di sepuluh hari terakhir bulan ramadlan, karena Rasulullah melanggengkan hal ini selama hidup beliau. Dalam hadits Aisyah disebutkan bahwa Rasulullah beri'tikaf di sepuluh akhir bulan ramadlan hingga beliau wafat.

7. Keutamaan Tadarus Al-Quran
Tadarus ialah membaca Al-Qur'an di hadapan orang lain, secara bergantian. Dalil kesunahan tadarus Al-Qur'an ialah:

أَنَّ جِبْرِيلَ كَانَ يَلْقَى النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم فِي كُلِّ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ فَيُدَارِسُهُ الْقُرْآنَ

"Sesungguhnya malaikat Jibril menemui Nabi SAW pada setiap malam ramadlan, lalu bertadarus Al-Qur'an".

8. Dilipatgandakannya Pahala kebaikan
Nabi Ibrahim AS berkata : "Satu bacaan tasbih di bulan Ramadlan lebih baik dari pada seribu tasbih diselain ramadlan". Dalil tentang hal ini diantaranya adalah hadits Ibnu Abbas di atas.

9. Keutamaan Umrah di Bulan Ramadlan
Abdullah bin Abbas meriwayatkan:

عُمْرَةٌ فِي رَمَضَانَ تَعْدِلُ حَجَّةً

"(Pahala) umrah di bulan ramadlan sama dengan (pahala) haji".

Sumber: Al-Mawsu'ah Al-Fiqhiyah Kuwait, Juz 23 hlm 142 - 145

Related

Khazanah 6219627864588146762

Posting Komentar

emo-but-icon

Follow Us

Facebook

TERBARU

Arsip

Statistik Blog

item