Bolehkah Membaca Shalawat Yang Tidak Diriwayatkan Nabi?

Banyak ulama menganjurkan untuk berdoa menggunakan naskah doa yang diajarkan Allah kepada hamba-hambanya yang shaleh melalui ilham. Ada b...

Banyak ulama menganjurkan untuk berdoa menggunakan naskah doa yang diajarkan Allah kepada hamba-hambanya yang shaleh melalui ilham. Ada banyak dalil bahwa anjuran ini benar berdasar syariah. Hal ini telah dikupas oleh al-’Allamah al-Muhaddits Syeikh Muhammad al-Hafiz al-Tijani dalam kitabnya, "Ahlul haq al-'Arifuna billah" hal. 242. Dalam kitab "Assunnah wal bid'ah" al-Habib ‘Abdullah bin Mahfuz al-Haddad juga menyebutkan banyak hujah yang berhubung dengan masalah ini. Yang menjadi batasan dalam masalah ini ialah karena tidak masalah ini tidak mengandung sesuatu yang keluar dari syara'.

Anjuran tersebut juga termasuk dalam bershalawat kepada Rasulullah SAW. Dalilnya ialah adanya riwayat dari Sayidina 'Ali bin Abi Thalib RA, ‘Abdullah bin ‘Umar RA, ‘Abdullah bin ‘Abbas RA dan ‘Abdullah bin Mas’ud RA tentang shalawat-shalawat yang diilhamkan oleh Allah SWT kepada mereka. Maka jelas bahwa bershalawat kepada Rasulullah SAW menggunakan naskah hasil ilham bukan termasuk bid'ah. Berikut adalah penjelasannya:

1. Shalawat Sayidina 'Ali RA
Ibn Katsir dalam Tafsirnya meriwayatkan sebuahh atsar dari Salamah al-Kindi, ia berkata bahwa ‘Ali RA pernah mengajarkan masyarakat doa (selawat) berikut dengan penyelipan lafadz Ibn Jarir al-Tabari dan lafadz al-Thabrani untuk menunjukkan perbedaan riwayat atau manuskrip:

اللهم داحي المدْحُوَّات، وبارئ المسموكات، وَجَبَّار القلوب على فطْرَتها شقيها وسعيدها. اجعلْ شرائف صلواتك، ونوامي بركاتك، ورأفة تحننك، (الطبراني: ورافع تحيتك) على محمَّد عبدك ورسولك، الخاتم لما سبق، والفاتح لما أغلق، والمُعلن (الطبراني: والمعلوم) الحق بالحق، والدامغ جيشات الأباطيل، كما حُمِّل (الطبراني: كمل) فاضطلع بأمرك لطاعتك مستوفزاً (الطبراني: مستوفرا) في مرضاتك، غير نَكل (ابن جرير: لغير نَكل، الطبراني: بغير ملك) في قَدَم، ولا وهن في عزم، واعياً (الطبراني: داعيا) لوحيك، حافظاً لعهدك، ماضيا على نفاذ أمرك حتى أورى قبساً (الطبراني: تبسما) لقابس، آلاء الله تصل بأهله أسبابه، به هديت القلوب بعد خوضات (الطبراني: خرصات) الفتن والإثم، وأقام مُوضحات (ابن جرير: موضحات، الطبراني: بموضحات) الأعلام، ومُنِيرات (الطبراني: ومسرات) الإسلام، ونائرات (ابن جرير: وثائرات، الطبراني: وماثرات) الأحكام، فهو أمينك المأمون، وخازن علمك المخزون، وشهيدك يوم الدين، وبَعيثُك (الطبراني: ومبعوثك) نعمة، ورسولك بالحقّ رحمة، اللهمّ أفسح له مُفسحَات (ابن جرير: مفتسحا) في عدلك، واجزه مضاعفات الخير من فضلك، مهنَّآت له (ابن جرير: له مهنيات) غير مكدرات، من فوز ثوابك المعلول (الطبراني: المعلوم)، وجزل عطائك المحلول (ابن جرير: وجزيل عطائك المجمول، الطبراني: وجزيل عطائك المجلول)، اللهم أعل على بناء البانين بنيانه (ابن جرير: عل على بناء البنائين بناءه، الطبراني: أعل على بناء الباقين بناءه)، وأكرم مثواه لديك ونزله، وأتمم له نوره، واجزه من ابتعاثك له مقبول الشهادة، مرضي المقالة، ذا منطق عدل، وخُطَّة فصل (ابن جرير: وخطة فضل، الطبراني: وكلام فصل)، وحجة وبرهان عظيم.

Kata Ibn Kathir dalam Tafsirnya: "Shalawat ini masyhur dari perkataan ‘Ali RA.. tetapi pada sanadnya ada masalah. Kata guru kami, al-Hafidz Abu al-Hajjaj al-Mizzi bahwa Salamah al-Kindi ini tidak dikenal, dan tidak pernah bertemu ‘Ali".

Atsar ini diriwayatkan oleh Ibn Jarir al-Tabari dalam Tahzib al-Athar (352 - juz’ mafqud), Abu Nu’aym dalam ‘Awali Sa’id bin Mansur (18), dan al-Thabrani dalam al-Awsat (9089).

Al-Haitsami dalam Majma’ al-Zawa’id (10/164) berkata: "Riwayat Salamah al-Kindi dari ‘Ali adalah mursal, namun rawi-rawi yang lain adalah para perawi al-Sahih.

Atsar ini juga diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah dalam Musannafnya (28940), namun disebut dari seorang lelaki -tanpa disebutkan nama- dari ‘Ali RA, tidak disebutkan sebagai Salamah al-Kindi. Dhahirnya, atsar ‘Ali RA ini adalah dha'if. Namun, boleh diamalkan dalam masalah fadha’il al-amal. Bahkan teks shalawat ini masyhur sepertimana kata Ibn Kathir.

2. Shalawat ‘Abdullah bin ‘Umar RA
Diriwayatkan oleh Ahmad bin Mani’ sebagaimana dalam al-Matalib al-‘Aliyah karya al-Hafihz Ibn Hajar (3332) dan mengisyaratkannya sebagai riwayat yang shahih, dari Thawbah/Thuwayr mawla Bani Hasyim katanya: Aku bertanya Ibn ‘Umar RA: Bagaimana bershalawat kepada Nabi SAW? Ibn ‘Umar RA menjawab:

اللَّهُمَّ اجْعَلْ صَلَوَاتِكَ وَبَرَكَاتِكَ وَرَحْمَتَكَ عَلَى سَيِّدِ الْمُرْسَلِينِ، وَإِمَامِ الْمُتَّقِينِ، وَخَاتَمِ النَّبِيِّينَ، مُحَمَّدٍ عَبْدِكَ وَرَسُولِكَ، إِمَامِ الْخَيْرِ، وَقَائِدِ الْخَيْرِ، اللَّهُمَّ ابْعَثْهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مَقَامًا مَحْمُودًا يَغْبِطُهُ الْأَوَّلُونَ وَالْآخِرُونَ، وَصَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيمَ وَآلِ إِبْرَاهِيمَ، إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ.

Menurut al-Busiri riwayat ini mempunyai dukungan hadits Ibn Mas’ud RA (lihat no. 4) yang diriwayatkan oleh Ibn Abi ‘Umar, Abu Ya’la dan Ibn Majah dengan sanad hasan.

3. Shalawat ‘Abdullah bin ‘Abbas RA
Diriwayatkan oleh ‘Abd al-Razzaq, ‘Abd bin Humayd dan Isma’il al-Qadi dalam Fadl al-Solat ‘ala al-Nabi SAW (52) dari Ibn ‘Abbas RA beliau mengucapkan:

اللهم تقبل شفاعة محمد الكبرى، وارفع درجته العليا، وأعطه سُؤْلَه في الآخرة والأولى، كما آتيت إبراهيم وموسى، عليهما السلام.

Katsir dalam Tafsirnya berkata: "Sanadnya hasan, kuat dan shahih".

4. Shalawat ‘Abdullah bin Mas‘ud RA
Diriwayatkan oleh ‘Abd al-Razzaq, ‘Abd bin Humayd, Ibn Mardawaih, Ibn Majah (906) dan al-Tabarani (8594) dari Ibn Mas’ud RA katanya: “Jika kamu berselawat atas Nabi SAW maka berselawatlah dengan shalawat yang baik. Sesungguhnya kamu tidak tahu kemungkinan ianya dipersembahkan kepadanya”. Jawab para pendengar: Maka ajarkanlah kami. Beliau berkata: "Ucapkanlah:

اللهم اجعل صلواتك ورحمتك وبركاتك على سيد المرسلين، وإمام المتقين، وخاتم النبيين، محمد عبدك ورسولك، إمام الخير وقائد الخير، ورسول الرحمة. اللهم ابعثه مقاماً محموداً يَغْبِطُه به الأولون والآخرون، اللهم صل على محمد وعلى آل محمد، كما صليت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم، إنك حميد مجيد، اللهم بارك على محمد وعلى آل محمد كما باركت على إبراهيم وعلى آل إبراهيم إنك حميد مجيد.

Al-Busiri dalam Zawa’id Ibn Majah (1/311) berkata: "Para perawinya thiqah kecuali al-Mas’udi yang nama aslinya ialah ‘Abd al-Rahman bin ‘Utbah bin Mas’ud. Ingatan beliau dianggap kacau di akhir hayatnya dan hadis-hadits yang ia riwayatkan tidak bisa dibedakan mana yang awal dengan dan mana yang akhir. Maka status beliau layak ditinggalkan (matruk) menurut kata Ibn Hibban. Tetapi al-Mas’udi tidak sendirian dalam meriwayatkan hadits ini dari ‘Awn bin ‘Abdullah karena beliau diikuti (mutaba’ah) oleh Abu Salamah sebagaimana dalam riwayat ‘Abd al-Razzaq".

Al-Hafiz al-Munziri berkata: Hadits ini diriwayatkan oleh Ibn Majah secara mawquf dengan sanad yang hasan.

Shalawat yang hampir serupa juga diriwayatkan dari ‘Abdullah bin ‘Amr atau ‘Abdullah bin ‘Umar (perawi ragu), sebagaimana dalam riwayat Isma’il al-Qadi dalam Fadl al-Solat ‘ala al-Nabi SAW (62). Jika hadits ini dari ‘Abdullah bin ‘Amr, maka itu adalah sahabat yang ke-5 dalam penjelasan ini.

Juga ada shalawat yang diriwayatkan oleh al-Syirazi dalam al-Alqab dari Ibn Mas’ud RA, ia berkata: "Wahai Zaid bin Wahab, jangan kau tinggalkan bershalawat atas Nabi SAW pada hari jumat sebanyak seribu kali. Ucapkanlah :

اللهم صل على النبي الأمي

Berdasarkan dalil-dalil ini dan lainnya, ulama berpendapat boleh mengarang shalawat kepada Nabi, meskipun mereka sepakat bahawa Shalawat Ibrahimiyyah adalah shalawat yang paling afdol. Ayat al-Quran dan juga hadis yang menganjurkan bershalawat, secara umum turut menguatkan hukum boleh. Ini karena Shalawat Ibrahimiyyah itu diajarkan oleh Rasulullah SAW. atas pertanyaan para sahabat dan Rasulullah SAW. tidak pernah menyatakan bahwa bershalawat dengan lafaz-lafaz lain tidak boleh. Dengan syarat tidak keluar dari batasan syara'. Wallahu a’lam.

Related

Hadits 4360385117543995865

Follow Us

Facebook

TERBARU

Arsip

Statistik Blog

item