Nahwunya Hati

Kitab al-Ajurumiyah karangan Syaikh Shanhaji sudah tidak asing lagi bagi kalangan santri. Kitab ini adalah kitab Nahwu dasar, yang dipela...

Kitab al-Ajurumiyah karangan Syaikh Shanhaji sudah tidak asing lagi bagi kalangan santri. Kitab ini adalah kitab Nahwu dasar, yang dipelajari oleh hampir semua pesantren di Indonesia. Jika melihat tradisi pesantren pada jaman dahulu, al-Ajurumiyah adalah nama tingkatan kelas, setelah kelas Awamil. Setelah itu naik ke kelas Imrithi, lalu kelas Alfiyah, Jauharul Maknun dan terakhir kelas ‘Uqudul Juman.

Kitab ini sangat tipis dan mudah dihafal meskipun tidak berbentuk nadzam. Tapi meskipun tipis, kitab ini sangat barakah, terbukti dengan dipergunakannya kitab ini oleh hampir semua pesantren. Banyak para ulama yang memberi syarah terhadap kitab ini, diantaranya Mukhtashar Jiddan ala al-Ajurumiyah, Al-Kailani, al-Mutammimah, dan lain-lain.

Karena kitab ini berisi pelajaran nahwu, tentu saja syarahnya juga menjelaskan nahwu. Tetapi syarah al-Ajurumiyah yang satu ini lain dari pada yang lain. Syarah al-Ajurumiyah yang berjudul Nahwul Qalbi Syarh Al-Ajurumiyah yang dikarang oleh Syaikh al-‘Allamah Ali bin Maimun al-Hasani al-Idrisi tidak menjelaskan nahwu tetapi menjelaskan tauhid ala madzhab asy’ariyah dan ilmu tashawuf.

Penasaran dengan kitab ini, silakan didownload di link dibawah ini!



Related

E-Book 2314423103273282759

Follow Us

Facebook

Terbaru

Arsip

Langganan Via Email

Statistik Blog

item