Membaca Taqrib dalam bentuk Nadhom

Saat berkunjung ke Percetakan SAS, Kencong, aku lihat kru percetakan tengah sibuk menjilid kitab yang tentu saja asing bagiku. Kita...

Saat berkunjung ke Percetakan SAS, Kencong, aku lihat kru percetakan tengah sibuk menjilid kitab yang tentu saja asing bagiku. Kitab itu berjudul Nihayatut Tadrib fi nadzm Ghayah at-Taqrib. Setelah aku teliti, kitab tersebut adalah kitab taqrib dalam bentuk nadzam yang dikarang oleh Syaikh Sarofuddin Yahya bin Nuruddin bin Musa Bin Ramadhan bin ‘Umairah al-‘Imrithi. Kitab ini, menurut kru percetakan SAS akan dibaca oleh KH. Sholahuddin Munsif di PP. Assunniyyah Kencong pada bulan ramadlan mendatang.

Kitab ini adalah bentuk nadhom dari kitab fiqih yang masyhur dan menjadi bahan kajian utama pesantren-pesantren di Indonesia, yaitu matan Ghayah at-Taqrib karya Syaikh Abi Suja’ yang selanjutnya disyarahi oleh Syaikh Ibnu Qasim dengan nama fathul Qarib fi syarhi Alfadz At-Taqrib. Syarah Taqrib dalam format yang lebih besar adalah Al-Iqna’ yang dikarang oleh Syaikh Khathib As-Syarbini.

Mendengar Al-‘Imrithi tentu kita akan teringat sebuah nadhoman nahwu, yaitu Nadhom Imrithi yang merupakan bentuk nadzam dari kitab Al-Ajurumiyah yang menjadi materi hafalan wajib bagi santri Assunniyyah. Ya! Nadzam kitab Taqrib ini juga dikarang oleh beliau. Memang! Beliau terkenal dengan karya-karya nadzamnya yang spektakuler. Selain Al-Ajurumiyah dan Taqrib, beliau juga mendzamkan kitab At-Tahrir yang dikarang oleh Syaikhul Islam Zakaria al-Anshari, salah satu kitab mukhtashar dalam fiqh Syafi’i yang paling baik dan kitab Waraqat dalam Ushul fiqh yang juga dinadzamkan oleh Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki.

Sebagaimana kitab-kitab nadzam yang lain, kitab ini mudah untuk dihafalkan bahkan lebih mudah dari pada kitab-kitab nadzam yang lain, apalagi nadzam kitab yang diselesaikan penulisannya pada tahun 988 H ini berbentuk bahar rojaz. Oleh sebab itu, banyak pujian ulama terhadap nadzam taqrib ini, diantaranya adalah syair berikut:

يا طالب العلم خذ أرجوزة نظمت  *** نظم اللآلي بأسلاك من الذهب
فهي التي تمنح الطلاب معرفة *** وحفظ أبياتها يغنيك عن كتب

Kitab nadzam ini disyarahi oleh Syaikh Ahmad Al-Fasyani (w: 978 H). Ada juga ta’liqat (penjelasan dalam bentuk catatan kaki) yang disusun oleh Syaikh Muhammad Hasan Habannakah Al-Maidani, seorang ulama Suriah yang wafat tahun 1978. Ulama ini adalah guru dari Dr. Said Ramadhan al-Buthi, Dr. Wahbah Az-Zuhaili, Dr. Mustafa Khin, dan Dr. Mustafa Bugha. Nah, yang akan dibaca oleh Gus Sholah pada ramadhan tahun ini adalah Nihayatut Tadrib yang diberi ta’liqat oleh Syaikh Muhammad Hasan Habannakah ini.

Penasaran dengan isi kitab silakan download pada link di bawah ini, walaupun bukan ta’liqat dari Syaikh Habannakah.

Format PDF:

Format MP3

Related

Resensi 8124521931599867325

Posting Komentar

Follow Us

Facebook

Terbaru

Arsip

Langganan Via Email

Statistik Blog

item