Kedudukan Sang Khaliq dan Makhluq
Perbedaan antara kedudukan Sang Pencipta dan Makhluk adalah batasan yang memisahkan antara kekufuran dan iman. Keyakinan Ahlussunnah wa...
Arti hadits menyebutkan bahwa memuji Rasulullah SAW dan berlebihan didalamnya dengan sikap tidak seperti sikap umat Nasrani adalah terpuji. Jika arti hadits tidak demikian, maka yang dimaksud dalam hadits adalah larangan untuk mencintai dan memuji Rasulullah secara mutlak. Pernyataan ini tidak disampaikan oleh orang terbodoh di kalangan muslimin, karena Allah telah memberi pengagungan kepada Rasulullah serta memerintahkan kita untuk mengagungkannnya, sebatas tidak memberinya sifat-sifat Tuhan. Al-Bushiri mengatakan:
"Tinggalkan apa yang disangkakan umat Nasrani terhadap nabi mereka, dan berilah sifat sifat untuk Rasulullah sesuai keinginanmu".
Pengagungan terhadap Rasulullah SAW, dengan tanpa memberinya sifat-sifat Tuhan bukan merupakan bagian dari kekufuran, bahkan hal itu merupakan seagung-agung ketaatan dan taqarrub. Ini pun juga berlaku bagi orang-orang yang telah diagungkan Allah, seperti para Nabi, para Rasul, para malaikat, para syuhada' dan orang-orang yang shalih. Allah berfirman:
Ka'bah, Hajar Aswad, dan Maqam Ibrahim adalah sebongkah batu. Tetapi Allah telah memerintahkan kita mengagungkannya, semisal dengan cara thawaf, mencium hajar aswad, berdoa di pintu Ka'bah dan Multazam. Ketika kita lakukan semua itu, kita tidak menyembah kecuali kepada Allah SWT, dan tidak berkeyakinan adanya manfaat atau bahaya di dalam benda-benda itu.
Tentang Rasulullah SAW, Ahlussunah wal Jamaah mengatakan, beliau adalah manusia, yang dimungkinkan mengalami hal-hal yang sama dengan yang lain, sebatas tidak mengurangi kedudukan beliau dan mengakibatkan umat lari dari beliau. Pengarang Aqidatul Awam mengatakan :
Beliau adalah hamba yang tidak mempunyai manfaat dan bahaya, tidak pula memberi kematian dan kehidupan. Beliau telah menyapaikan risalah, menyampaikan amanah, menasihati umat, membuka kesusahan, dan berjuang dalam jalan Allah. Beliau pun kembali kepada Allah, ridha dan diridhai Allah.
Maka, dari sini jelas, bahwa memberinya sifat manusia harus disertai sikap yang dapat membedakan diri beliau dengan manusia pada umumnya, dimana hal ini bersifat umum bagi semua nabi dan rasul, supaya padangan kita kepada mereka sesuai dengan kedudukan mereka. Karena menyamakan para nabi dan utusan dengan manusia pada umumnya adalah paham jahiliyah, seperti yang difirmankan Allah:
Itulah diantara firman-firman Allah dalam Al-Qur'an yang menjadi saksi, bagaimana anggapan kaum Jahiliyah terhadap Nabi mereka. (Wallahu A'lam Bish Shawab)